Other Room

Optimalisasi Ruang Bawah Tangga

 

Sahabat DD, pernahkan anda memperhatikan seperti apa ruang bawah tangga dirumah anda saat ini? Apakah dipenuhi oleh tumpukan sepatu? tumpukan dus mainan si kecil? atau malah menjadi ruang gelap yang tidak bermanfaat sama sekali sehingga membuat tidak nyaman memandangnya?

Tahukah anda, bahwa sebenarnya ruang bawah tangga yang sering dianggap sebagai tempat menyembunyikan barang dapat dioptimalkan fungsi dan penampilannya.

Berikut beberapa ide yang mungkin dapat menginspirasi dalam “menyulap” ruang bawah tangga menjadi lebih fungsional dan meningkatkan nilai ruang di rumah anda secara keseluruhan sehingga tidak ada lagi satu ruang di rumah anda yang disia-siakan keberadaannya.

1. Private Library

Bingung dimana anda menempatkan koleksi buku dan dvd anda yang begitu banyak? Di ruang bawah tangga jawabannya. Ruang ini dapat dimanfaatkan layaknya sebuah “private library”.

2. Small Office

Dalam hunian kecil yang membutuhkan area kerja, ruang bawah tangga bisa disulap menjadi area kerja mini yang nyaman dan tetap terjaga privasinya, seperti salah satu desain ini, keren kan?

3. Hidden Storage

Kebutuhan akan ruang penyimpanan sering dirasakan tidak pernah cukup. Keterbatasan luas hunian juga sering membingungkan kita untuk menempatkan barang dan peralatan rumah tangga lainnya. Lemari – lemari kecil dan rak yang dibuat dibawah tangga merupakan salah satu solusi alternatifnya. Selain terlihat rapi dan compact, ukuran lemari dan laci dapat dibuat sesuai ukuran barang yang akan disimpan.

4. Compact Pantry

Ukuran dapur anda kecil dan perlu ruang tambahan? Ruang bawah tangga pun bisa dimanfaatkan jika letaknya berdekatan dengan dapur. Hal penting yang harus diperhatikan yaitu tidak menempatkan kompor tepat dibawah area tangga karena faktor keselamatan, juga meletakkan meja kerja dapur pada posisi bebas sirkulasi tangga, maksudnya agar debu atau benda-benda kecil yang mungkin jatuh dari tangga tidak bercampur dengan masakan anda.

5. Stylish corner

Saat posisi tangga terpaksa hadir menjadi bagian dari ruang tamu, tak perlu risau kehadirannya akan mengganggu kenyamanan visual. Ide menempatkan sofa dan berbagai pernik dekorasi malah akan menjadikannya area mojok yang bisa tampil cozy dan unik.

6. Hidden Water Closet (WC)

Salah satu ide yang banyak diadopsi oleh beberapa hunian modern adalah memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi sebuah Powder Room / Water Closet. Bahkan walaupun hanya seluas 1,5 m 2 ternyata bisa ditata secara optimal dengan pengaturan sistem sirkulasi udara dan sistem plumbing yang baik sehingga keberadaannya tidak mengganggu kenyamanan ruang-ruang lain disekitarnya.

7. Extra Drawer

Anda tidak memiliki tempat yang cukup di ruang tidur untuk menempatkan lemari pakaian? Laci di bawah tangga lah tempatnya! Anda juga tidak memiliki tempat yang rapi untuk menyimpan sepatu-sepatu anggota keluarga anda? Laci di bawah tangga lah tempatnya!

8. Small Compartemen

Jika keberadaan tangga menyisakan ruang bawah berbentuk lorong panjang dan menjadi waste area, anda dapat menyulapnya menjadi area istirahat yang nyaman. Coba tempatkan sebuah sofa bed didalammnya, tambahkan karpet, bantal-bantal kecil dan lampu baca dan kini anda pun memiliki sebuah ruang rahasia sebagai tempat beristirahat dan membaca novel favorit. Tambahkan tirai, maka ruang ini pun dapat dimanfaatkan sebagai area tidur tambahan bila kerabat datang berkunjung sesekali waktu. Hmm...what a nice idea!

Jadi kiranya mana yang menjadi ide dan inspirasi bagi anda dirumah?....

Share