Garden

Oase mungil nan stylish

 

Jika sempat terbayangkan, alangkah menyenangkan memiliki rumah dengan halaman rumput luas yang ditanamiberbagai tanaman bunga, tentu anda tidak sendirian. Namun semakin tingginya harga tanah saat ini, sepertinya memiliki halaman luas sudah tidak masuk lagi list utama dalam memilih rumah bagi kebanyak orang. Tak perlu berkecil hati, halaman kecil pun dapat tampil cantik dan gaya kok dengan sentuhan personal anda.

Jika dengan alasan terbatasnya lahan banyak yang akhirnya menghilangkan keberadaan taman di rumah, kami sarankan ini tidak terjadi pada anda. Ingatlah selalu bahwa taman kecil sekalipun layaknya oase, dapat memberi ‘nyawa’ bagi ruang-ruang dalam rumah anda. Bahkan bisa menjadi ‘nadi’, pusat kegiatan bagi anda dan anggota rumah lainnya, jika mendapat cukup perhatian dalam mengolah dan merawatnya.

tentukan konsep anda
Salah satu hal utama yang perlu diingat dalam mengolah taman, yaitu pemahaman bahwa anda sedang menciptakan sebuah ‘area refreshing’ terdekat dari rumah anda, kemudian pikirkan tentang tampilan keseluruhan yang ingin didapat termasuk didalamnya skema warna, bahan material dan berbagai karakter tanaman yang akan digunakan.

bersihkan area taman
Langkah berikutnya adalah membersihkan area taman dari seluruh perabotan atau sampah yang tidak terpakai. Selain akan mampu memberikan sirkulasi udara lebih baik, hal ini juga memberi anda kesempatan untuk memiliki ruang luar lebihluas yang tidak pernah anda duga sebelumnya.

pilih tanaman yang sesuai karakter anda
Jika anda cukup sibuk dan tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan perawatan taman anda, pilihlah tanaman yang tidak memerlukan perhatian khusus seperti iris, lidah mertua, kamboja, supplier, paku-pakuan, bromelia dan beberapa tanaman air.Tanaman ini dikenal cukup kuat sehingga tidak merepotkan anda dalam merawatnya.

ciptakan ruang nyaman
Setelah anda menghitung besaran luas dan membaginya menjadi beberapa area, kini saatnya menciptakan ruang nyaman di taman anda, ini adalah tempat dimana anda dan anggota keluarga lainnya dapat duduk santai sambil menikmati percikan air kolam dan aneka tanaman hijau bahkan mungkin dapat dijadikan area ‘picnic’ kecil. Untuk melengkapi sudut nyaman ini gunakanornamen ruang luar dari material yang tahan terhadap cuaca, hujan dan sinar matahari, bahan alami dari kayu, bambu, batuan alam dengan penutup dinding tanaman vertikal misalnya.

sempurnakan dengan suara alam
Jadikan suara percikan air mancur di kolam dan suara burung peliharaan melengkapi suasana alam di taman kecil anda. Selain memberi ketenangan, suara alam ini akan mampu memberi jiwa di hunian anda dan dapat menebar energi positif bagi anda dan anggota keluarga lainnya.

 

Share