Renovation

Pengembangan Optimal Hunian Satu Lantai

 

Project design dikerjakan oleh tim desaindekor.

Konsep Desain

Mempertimbangkan kondisi eksisting yang sangat potensial untuk pengembangan, serta harapan pemilik untuk memiliki sebuah hunian yang lebih nyaman dan tidak “sumpek” , tim desain dekor memberikan ide konsep optimalisasi tapak dan bring a breath of fresh air into the house. Berangkat dari konsep tersebut maka pengembangan hunian dirancang ke arah horizontal dengan tetap menyisakan ruang luar yang akan menjadi sumber cahaya dan sirkulasi udara bagi bangunan.

Konsep Desain

Pada layout ruang dalam, desain pun lebih dititikberatkan pada pengaturan zoning antar ruang dengan memprioritaskan sistem alur sirkulasi penghuninya. Ruang-ruang publik dibuat nyaris tanpa sekat dengan maksud agar didapat ruangan yang lebih besar bilamana diperlukan untuk acara kumpul keluarga. Pengaturan zoning tersebut dibuat tegas dan terpisah namun tetap memprioritaskan substansi kenyamanan penghuninya.

Ruang belakang yang semula terasa gelap dan pengap, dibongkar dan diubah menjadi sebuah taman mini. Ruang keluarga ditempatkan dibagian samping bangunan dan memiliki akses langsung ke taman samping. Sementara itu dapur walaupun letaknya menyatu dengan ruang makan dan ruang keluarga, dengan adanya penataan bukaan dan sirkulasi udara terbuka maka pembuangan asap tidak akan mengganggu ruang dalam rumah.

Dengan konsep optimalisasi tapak dan bring a breath of fresh air into the house, maka dihasilkan sebuah desain layout bangunan yang sesuai dengan harapan pemilik baik dari secara desain fasade, pengaturan zoning ruang dan tiga prinsip sirkulasi (gerak, udara dan cahaya).

Share