New House

A Long Life Time Resort -Home

 

Design Project dikerjakan oleh tim desaindekor.

Lokasi hunian yang memiliki luas bangunan 228 m2 diatas tanah seluas 450 m2 ini terletak berdekatan dengan kawasan wisata kota Garut.

Substansi dasar ide desainnya berpijak pada hasrat pemilik memiliki rumah ala resort yang terbuka dan mengalir. Pemilik pun menyatakan keinginannya untuk dikemudian hari dapat memanfaatkan sisa lahan yang ada menjadi kamar kost.

“A Lifetime resort-home” begitulah harapan pemilik akan huniannya. Kondisi eksisting lahan kosong dengan view indah pegunungan disekelilingnya menjadi potensi utama dan kekuatan tapak.

Konsep Desain

Konsep desain Tropical Ethnic-Modern, diterjemahkan dalam perancangan seluruh komponen arsitektur maupun detail building finishingnya. Berangkat dari konsep ini juga lah, desain pengaturan sirkulasi dan zoning ruang dibuat. Kecuali ruang tidur utama yang ditempatkan di lantai dasar karena faktor keamanan dan kenyamanan, ruang-ruang lain seperti kamar tidur anak, ruang kerja dan mushola ditempatkan di lantai atas untuk memaksimalkan nilai privacy dan mengoptimalkan view lingkungan tapak yang ada.

Secara visual, fasad bangunan ini hadir dalam komposisi warna dari perpaduan berbagai material seperti batu alam, kayu, kaca, roster dan besi tempa, beberapa bagian dinding bahkan tampil apa adanya tanpa finishing pengacian halus seakan mempertegas pesan ‘membumi’ yang ingin disampaikan. Sentuhan etnik diterjemahkan dengan menghadirkan aplikasi motif batik di beberapa bagian detail bangunan.

Motif batik hadir membentuk repetisi pola dalam berbagai material berbeda, implementasinya terlihat pada roster yang tampil sebagai secondary skin di lantai dua dan berfungsi sebagai sun shading. Di siang hari, sinar matahari yang menembus lubang pada pola roster akan membentuk pantulan skylight yang unik dan mengejutkan. Sementara itu, besi tempa yang diukir dengan pola yang sama didaulat menghiasi railing balkon.

Area dinding interior pun tak luput dari sentuhan etnik yang hadir sebagai ornamen dekorasi. Secara keseluruhan, konsep harmonisasi yang terbentuk dari pertemuan etnik dan modern dengan paduan bahan masif dan transparan dari material alami dan Fabrikasi, diharap mampu memperkuat dan menerjemahkan konsep Tropical Ethnic Modern di rumah ini.

Segarnya udara dan indahnya suasana pegunungan di sekeliling tapak, dioptimalkan dengan bukaan jendela dan pintu lebar ke arah kola dan halaman belakang sehingga memberikan kesempatan bagi setiap ruang yang ada senantiasa “bernafas” sepanjang hari. Sehingga penghuni rumah pun akan selalu merasa tinggal di resort.

Semoga menginspirasi..

Share