Coloring Your Mood!

Bermain Warna di kamar tidur si kecil

Warna adalah esensi penting dalam dekorasi ruang. Sebelum menentukan pilihan warna bidang vertikal dikamar tidur si kecil, penting diketahui bahwa warna yang mendominasi ruang dapat mempengaruhi perkembangan yang berdampak pada nilai psikologisnya. Warna diyakini dapat mempengaruhi suasana hati dan perilaku seseorang, merangsang otak, tubuh bahkan mempengaruhi kesehatan. Paparan warna tertentu bisa memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan daya ingat dan meningkatkan prestasi akademik. 

Secara umum, warna dalam lingkup spektrum hangat; merah, orange dan kuning memberi energi dan membawa pada suasana penuh kehangatan dan keintiman. Skema warna dingin; biru, ungu dan hijau menebar rasa tenang penuh kenyamanan. Sedangkan skema netral dari palet natural; broken white, abu-abu dan krem menghadirkan kedamaian.

Berikut beberapa tip dalam memilih warna kamar tidur si kecil :
1.    Libatkan si kecil menata ruang tidurnya.
Bermain warna merupakan aktifitas favorit, termasuk bagi si kecil yang rata-rata sudah dapat mengenal warna sejak usia belum 2 tahun. Kegiatan bersama ini menggali imajinasi kreatifnya juga meningkatkan kemampuan daya khayal ruang. Diskusikan warna favorit anda berdua, berikan gambaran sederhana mengenai tampilan ruang yang akan tercipta dari pilihan warna tersebut.

2.    Sesuaikan dengan usia. Idealnya, warnai kamar secara berkala sesuai usia karena setiap tahap tumbuh kembang si kecil memerlukan stimulus berbeda. Untuk anak berusia 0-12 bulan, warna dinding dalam palet netral yang lembut adalah pilihan tepat. Bias lembut membuatnya lebih tenang serta tidur lebih pulas. Ketika memasuki usia 1-3 tahun, tahap dimana aktivitas motorik kasarnya mulai aktif bergerak cobalah skema warna yang lebih terang.

3.    Pahami karakter si kecil. Gali secara mendalam karakter anak karena  dari sanalah sumber inspirasi terbaik bisa didapat. Aplikasi palet cerah akan mengalirkan energi baik untuk perkembangan karakter positif si kecil. Seiring pertumbuhannya, si putri kecil akan lebih cenderung memilih warna cerah seperti pink atau ungu yang mengekspresikan emosi kebahagiaan. Sementara putih, abu-abu, coklat bahkan hitam menjadi favorit sang jagoan.

4.    Seringkali kamar tidur anak menjadi ruang bermain dan belajar, fungsi kamar menjadi lebih dari sekedar tempat beristirahat melepas lelah. Pisahkan secara visual area istirahat dengan bermain atau belajar dalam pola permainan warna agar tetap nyaman. Padu padankan skema netral di area istirahat dengan warna terang dalam spektrum warna primer; biru muda atau hijau lime di sudut bermain atau belajar. Bias terang seakan mengirim sinyal semangat pada si kecil untuk lebih aktif belajar dan bermain.

5.    Dalam Budaya Mesir Kuno, dikenal terapi penyembuhan alternatif dengan warna disebut juga chromotheraphy atau colourology. Warna biru yang menenangkan dapat mengobati penyakit. Merah bersifat merangsang metabolisme tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Oranye berguna untuk meningkatkan energi sehingga mampu menyembuhkan masalah pernapasan. Jika si kecil anda memiliki riwayat penyakit tertentu, ide mengenai terapi warna ini mungkin dapat memberi inspirasi.


6.    Mengenali karakter warna dalam kamar tidur :
Biru
Biru merupakan warna favorit, sifatnya menenangkan pikiran dan tubuh cocok diaplikasikan di kamar tidur. Biru membantu menenangkan saraf anak dan mereduksi rasa cemas serta dapat membuat tidur lebih nyenyak, warna ini menjadi pilihan terbaik untuk anak-anak yang mengalami kesulitan tidur atau memiliki masalah perilaku dan emosi.

Hijau
Hijau termasuk warna populer yang juga memiliki efek menenangkan. Hijau melambangkan alam, organik, keseimbangan serta membangkitkan harapan. Sesuai bagi si kecil yang memiliki rasa rendah diri, paparan warnanya dapat meningkatkan kemampuan membaca dan konsentrasi.

Kuning
Kuning menebar keceriaan, harapan dan optimisme. Walau memberi kesan luas pada ruangan sempit namun sebaiknya hindari mendaulatnya tampil dominan sebab dapat membuat mata cepat lelah. Sebagai alternatif, aplikasikan warna kuning pucat yang lebih lembut. Warna ini menjadi solusi terbaik saat kamar tidur digunakan bersama karena bersifat netral untuk jagoan kecil ataupun putri cantik anda.

Merah
Merah melambangkan kemeriahan dan kegembiraan. Sebaiknya hindari penggunaan secara berlebih, pantulan energi merah mampu membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga tidak tepat ditampilkan di ruang tidur.

Ungu
Ungu adalah warna favorit putri kecil anda. Warna ungu terbukti memiliki kemampuan merangsang aktivitas otak. Beberapa turunan warna ungu seperti lavender bernuansa anggun serta menebar atmosfir damai dan menenangkan saraf.

Coklat
Coklat termasuk dalam skema natural yang selalu menghadirkan  ketenangan dan kenyamanan. Kelompok warna netral dalam keluarga coklat yaitu beige, taupe, cream, misalnya, adalah pilihan yang sangat baik untuk kamar tidur.

Abu-abu
Seperti coklat, abu-abu pun mewakili warna elemen bumi. Warna ini ideal menemani si kecil hiperaktif yang penuh energi karena menebar suasana penuh relaksasi.

Putih
Putih menggambarkan suasana damai dan kesederhanaan. Kemurniannya memberi ilusi ruang terlihat lebih luas daripada dimensi fisiknya. Pemilihan warna putih adalah tantangan tersendiri bagi anda agar selalu terlihat bersih.
 
Oranye
Oranye adalah warna energik yang membangkitkan semangat dan antusiasme sehingga warna ini kurang tepat mewarnai kamar tidur.

Hitam
Gunakan hitam sebagai aksen. Hitam melambangkan keanggunan, formalitas dan kekinian. Hindari menempatkan hitam sebagai warna dominan karena memberi kesan gelap dan duka.

Pink
Pink atau merah muda membangkitkan empati dan feminitas. Walau nuansa pink seringkali menjadi pilihan ternyata warna ini cenderung membosankan sehingga diperlukan ide kreatif agar dapat tampil lebih menarik.

Share